iklan-banner-02
iklan-banner-02

Polisi Ungkap Pelaku Bentrok Tuhaha dan Iha Mahu

PAMANAWANews, AMBON- Siapa pelaku utama yang menyebabkan bentrokan maut antara warga Negeri Tuhaha dan Iha Mahu Kecamatan Saparua Timur Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, terungkap.
Sumber Foto: IST

Pelaku bentrok yang masih dirahasiakan identitas oleh polisi itu diduga memerintahkan dan mengakomodasi warga melancarkan serangan di perbatasan kedua negeri bertetangga ini tanggal 5 Januari 2018 lalu.

Bentrokan maut itu menyebabkan Kepala Kewang Negeri Iha Mahu, Melkianus Hitipeu (64) meregang nyawa setelah dibacok berulang kali oleh orang tak dikenal yang diduga berasal dari warga Tuhaha.

“Kita masih melihat cara untuk dapat menjerat dan menangkap si pelaku ini. Dia kan yang memerintahkan dan mengakomodasi,” ungkap Kasat Reskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKP. Teddy, Selasa (9/1).

Paska bentrokan itu, hingga kini tim gabungan Polres Ambon yang ditugaskan khusus melakukan penyelidikan kasus naas itu masih bertahan di Pulau Saparua.

“Tim gabungan yang diterjunkan dari Reskrim, Intel dan Sabhara. Mereka masih tetap kami siagakan di Saparua,” terangnya.

Dikatakan, bentrokan yang juga menyebabkan 4 orang terluka itu menjadi atensi pimpinan untuk diselesaikan.

“sejumlah saksi dari kedua kelompok bertikai telah diperiksa,” pungkasnya.

Sebelumnya, bentrokan yang menewaskan 1 orang dan 4 lainnya luka luka itu sudah berakhir damai. Kendati demikian, Kapolres Ambon AKBP. Sutrisno Hady menyampaikan akan mengusut kasus tersebut, hingga tuntas. 

Belum jelas penyebab bentrokan yang terjadi tepat di perbatasan kedua Kampung bertetangga ini. Tapi saling serang terjadi disaat warga Negeri Tuhaha sedang melakukan ritual adat penutupan atap Baileo yakni mencari buah kelapa di Negeri Iha Mahu.

Disaat bersamaan Negeri Iha Mahu sedang berjaga jaga lantaran sejumlah tanaman salah satunya kelapa sedang dilakukan sasi. (PN-07)

Berita terkait

Berita Populer

iklan-banner-02
iklan-banner-02