iklan-banner-02
iklan-banner-02

Anna Latuconsina: Maluku Punya Banyak Potensi

PAMANAWANews, AMBON- Maluku memiliki banyak potensi. Hanya saja belum digarap secara maksimal. Padahal, potensi kekayaan alam Maluku cukup menjanjikan.
Anna Latuconsina, Anggota DPD RI asal Maluku, saat memaparkan konsep pemberdayaan ekonomi masyarakat pengembangan home industri dan desa wisata di Mamala dan Morella, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Sabtu, (9/12/2017). PamanawaNews.com

Jika kekayaan Maluku dikelolah secara profesional, maka akses pemberdayaan terhadap masyarakat, dengan sendirinya akan terbuka.

Senator, DPD RI asal Maluku, Anna Latuconsina dalam kunjungan kerja di daerah pemilihannya (Maluku), memanfaatkannya untuk berbagi pengalaman dengan masyarakat di provinsi berjuluk seribu pulau itu.

Dia menawarkan konsep pemberdayaan ekonomi masyarakat pengembangan home industri dan desa wisata di Neger/Desa Mamala dan Morella, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Menurutnya, potensi di Maluku cukup besar salah satunya sektor wisata. Anna Latuconsina memetakan, Desa Mamala dan Morella bisa menjadi tujuan wisata, yaitu wisata alam,  kuliner, budaya dan adat.

"Pemetaan wilayah, objek wisata apa yang kita pilih? pemetaan kuliner harus melihat tempat yang nyaman. Potensi objek di Morella bagaimana, agar ada dampak positif atau manfaat untuk masyarakat. Identifikasi wisata harus fokus.  Pengelolaannya, jangan setengah-setengah," ulasnya.

Anna Latuconsina, menguraikan konsep kemajuan wisata, harus ada prasarat etos kerja dan keamanan. Harus ada kemauan dan kegigihan, serta keramah-tamahan, kontinyutas. Kuliner harus khas atau konsep kuliner harus tradisional.

Menyangkut potensi budaya dan adat, harus ada yang menarik tiap tahun. "Misalnya, kebiasaan sasi. Bagaimana caranya sasi ditutup dan di buka biar menarik, bagaimana kalau dikemas dalam cerita biar menarik," sarannya.

Disamping itu, imbuh Anna Latuconsina, perlu kerja sama dengan jejaring internet untk sosialisasi wisata komunitas agar nama lokasi wisata bisa mudah diakses di internet langsung muncul. (PN-11)

Berita terkait

Berita Populer

iklan-banner-02
iklan-banner-02